Kamera dengan lensa tukar FUJIFILM X-T1 terbaru dengan Jendela Bidik Langsung tercepat di dunia dengan waktu selang 0,005 detik dan kamera dengan rasio pembesaran tertinggi di dunia

January 28, 2014
Fujifilm dengan bangga mengumumkan X-T1, sebagai kamera terbaru untuk memenangi perhargaan rangkaian kamera seri X. Sebuah kamera premium dengan lensa tukar, fitur X-T1 ini mengembangkan gaya menggunakan kamera SLR, kenop mekanis dan tahan cuaca (saat dipasangkan dengan dudukan lensa X tahan cuaca), bersamaan dengan semua kelebihan kamera seri X, seperti ukuran yang padu, kemudahan pergerakan dan kecepatan kinerja kamera yang tinggi. Tidak hanya itu, kamera ini juga mengembangkan jendela bidik elektronik yang hasilnya hampir tidak bisa dibedakan dengan hasil pada jendela bidik optik. Hal ini berkat dukungan kecepatan tampilan yang sangat cepat sekali.

Revolusi Jendela Bidik Langsung

Dengan memadukan sudut pandang lebar yang unik, bersamaan dengan pembesara tertinggi di dunia (0,77x) untuk kamera digital (*1), jendela bidik kamera X-T1 memberikan pengalaman pemotretan gambar yang sebenar-benarnya dapat dirasakan. Masing-masing kecepatan layar jendela bidik dapat diatur; dengan waktu selang hanya 0,005 det (*2) – berati sepersepuluh dari kecepatan kamera digital yang ada saat ini (*3) – Anda akan merasakan hubungan secara penuh dengan subjek yang dibidik.
[Photo]
[Photo]

Jendela bidik yang berbaris sempurna dengan aksis optik lensa

Dengan resolusi titik 2,36m, layar OLED mampu menghasilkan gambar yang sangat detil dan cerah terhadap gambar apa saja yang diambil. Kamera X-T1 EVF mampu membuat Anda ingin diambil gambarnya dengan sambil beraksi, sebagaimana rasa saat menggunakan jendela bidik optik tradisional. Walaupun saat pandangan yang dibuat kamera adalah yang paling halus dan murni yang ada di kamera digital, jendela bidik yang dimiliki X-T1 juga memiliki terobosan teknologi yang dapat membantu kegiatan fotografi Anda. Jendela bidik terbaru ini dirancang dengan Antarmuka Pengguna Grafis (Graphic User Interface) yang dapat menghasilkan pengalaman pengambilan gambar detil baru yang sangat jelas dan kenyamanan pengaturan kamera yang dapat dilakukan secara cepat. Empat jenis tampilan layar yang mampu memberikan pengalaman pemotretan yang belum pernah dirasakan sebelumnya dengan jendela bidik optiknya, yaitu:
    1. 1. Mode “PENUH” atau FULL ini sepenuhnya memberikan keuntungan pada rasio pembesaran yang tinggi pada jendela bidik X-T1 dalam menghasilkan pemandangan yang mampu menandingi gambar asli yang akan diambil.
    2. 2. Mode “NORMAL” ini memberikan tampilan yang optimum, termasuk di dalamnya pengaturan pemotretan
    3. 3. Mode “GANDA” atau DUAL ini secara khusus dirancang untuk fokus manual dengan pembagian tampilannya yang cerdas. Dengan mode ini, tampilan layar biasa dan area fokus manual secara bersamaan dapat diperiksa (dengan Digital Split ImageTM atau Focus Peak Highlight)*4
    4. 4. Untuk mode tampilan “POTRET” atau POTRAIT yang dilihat di mode “NORMAL” dan “PENUH”, secara otomatis tampilan layar akan berputar saat kamera diposisikan secara vertikal
[Image]

Kamera dengan kecepatan fokus automatik tercepat di dunia

Pemandangan terbaik membutuhkan fokus automatik (AF) yang sesuai dan dengan Processor II EXR dan sensor Transâ„¢ CMOS II(*4), X-T1 mampu melakukannya. Sensor terbaru X-Transâ„¢ memiliki tahapan deteksi internal AF sehingga pengujian respon 0,08 detik dapat dicapai (*5) dan Processor II EXR yang dimiliki kamera ini mampu memberikan waktu nyala super cepat yaitu hanya 0,5 detik(*6), Selain itu juga, kamera ini memiliki waktu selang rana 0,5 detik dan interval waktu pemotretan 0,5 detik (*7). Kamera ini juga mampu mengampil 8 bingkai gambar per detik (*8)dengan melacak focus automatik dan ini merupakan model pertama kali yang pernah ada(*2) yang sesuai dengan format kartu memori SDXC UHS-II. Shingga kecepatan penulisan data dalam mode berlanjut dapat meningkat sekitar dua kali dibandingkan dengan kartu memori yang banyak digunakan saat ini(*9).

Kuat, desain tahan cuaca

Sebagaimana keindahan bentuk kamera ini dan kemudahan dalam pengoperasianya, kamera X-T1 ini juga cukup kuat dalam melakukan berbagai tugas pemotretan. Hal ini berkat 80 poin kamera ini terlindungi akan cuaca, badan kamera tahan debu dan tahan air, yang memberikan perlindungan terbaik dari kotoran dan kelembapan. Kamera ini tahan dalam cuaca dingin hingga -10oC, sehingga mampu dibawa ke banyak kawasan pemotretan tanpa harus kuatir akan cuaca dan musim yang sedang terjadi. Selain itu, fitur kaca keras LCD yang dimiliki kamera ini memberikan perlindungan tambahan untuk kegiatan di luar ruangan.
[Photo]
[Photo]
Kamera ini memiliki pilihan pegangan baterai vertikal (VG-XT1) yang juga memiliki struktur yang keras. Sehingga, saat dipadukan dengan badan kamera XT-1, maka kamera ini mampu melindungi elemen-elemen yang ada secara sempurna. Untuk melengkapi kamera X-T1, Fujifilm juga meluncurkan tiga lensa zum tahan cuaca. Lensa-lensa ini akan tersedia pada tahun 2014, dengan peluncuran lensa XF18-135mm pada bulan Juni nanti. Ketiga lensa ini adalah lensa XF18-135mmF3.5-5.6 R OIS WR, lensa XF16-55mmF2.8 R OIS WR dan lensa XF50-140mmF2.8 R OIS WR.

Bentuk tradisional dengan respon modern

Dengan lima kenop mekanis yang berada pada sisi atas kamera ini, dua kenop perintah di depan dan samping dan enam tombol fungsi yang dapat disesuaikan secara penuh, membuat X-T1 menghasilkan rasa dan fungsi sebagai perangkat fotografi yang tepat digunakan. Bagian pelat atas memiliki kenop aluminium-mesin dek-ganda untuk kecepatan rana, kompensasi pencahayaan, sensitivitas ISO, pengukuran dan mode drive. Masing-masing kenop ini dirancang untuk dapat digunakan dengan kepastian klik. Struktur permukaan kamera memberikan bentuk yang kokoh saat diatur untuk pengambilan gambar. Dengan nilai pencahayaan yang secara jelas dapat ditandai, pemeriksaan pengaturan dapat dilakukan secara seketika tanpa menggunakan LCD bagian belakang kamera dan kenop yang diatur secara baik sehingga fungsi kenop dapat diubah tanpa melepaskan mata Anda dari jendela bidik. Keenam tombol fungsi yang dapat disesuaikan dan dua kenop perintah ini berada di depan dan dibelakang gambar kamera. Sehingga apa saja yang diinginkan pada kamera dapat dilakukan secara instan.

Sensor X Trans II terkini dan Processor EXR II

Menghadirkan sensor X-Trans CMOS II yang sama dengan kehadiran X-E2. Sensor kamera X-T1 X-Trans II mampu mengatur moiré dan menghasilkan perbaikan warna dengan menggunakan filter warna asli dengan pengaturan piksel acak tinggi. Fitur ini menghilangkan kebutuhan akan Optical Low Pass Filter (OLPF) yang dapat mengurangi resolusi. Processor EXR II mampu memperbaiki pengaburan fraksional pada pinggir lensa, sebagaimana halnya difraksi pengaburan yang muncul saat apartura mengecil.. Lebih lanjut, kualitas gambar ditingkatkan dengan memasukkan Lens Modulation Optimizer (LMO) untuk lensa kamera yang dapat ditukar-tukar. Teknologi kamera terkini ini memungkinkan pengintergrasian dengan pengembangan lensa yang lain, bagian sensor dan processor dan pengembangan ini berdasarkan kinerja optik dan karakteristik masing-masing lensa dalam memaksimalkan tenega cerai.

Fitur-fitur utama Fujifilm X-T1

Jendela bidik elektronik yang telah berevolusi
    1. 1. Jendela bidik OLED berpresisi tinggi 2,36 juta dot
    2. 2. Pembesaran jendela bidik tertinggi untuk kamera digital sebesar 0.77x(*1)
    3. 3. Sudut tampilan luas (diagonal 38° dan horizontal 31°)
    4. 4. Real Time Viewfinder ekstra cepat dengan waktu selang 0,005detik(*2) (kurang dari 1/10 dari model-model di pasaran)(*3)
    5. 5. Empat mode tampilan berbeda: Full, Normal, Dual dan Vertical.
      • Full mode: Menampilkan informasi pemotretan pada bagian atas dan bawah layar untuk menghindari obstruksi tampilan.
      • Dual mode: Menambah layar kecil kedua untuk untuk memeriksa titik fokus dengan Focus Peak Highlight atau Digital Split Image *4.
      • Normal mode: Memberi Anda kebebasan berkonsentrasi dalam melakukan framing terhadap bidikan dalam mode Auto Focus namun tetap memungkinkan Anda mengidentifikasi perubahan kondisi shooting, menjadikannya setting sempurna untuk fotografi olahraga dan gerak.
      • Portrait mode: Saat dalam Full mode atau Normal mode, ia merotasi antarmuka informasi shooting jika kamera diposisikan secara vertikal.
Respons berkecepatan sangat tinggi, termasuk AF tercepat di dunia
  • AF tercepat di dunia sebesar 0.08 detik *5dicapai dengan proprietary imaging area phase-detection milik Fujifilm. Waktu startup 0.5 detik *6, shutter time lag 0.05 detik dan interval shooting 0.5 detik *7 sudah dapat dicapai dengan mesin pemroses gambar EXR Processor II – dengan kecepatan pemrosesan di atas dua kali lipat dari pemroses sebelumnya.
  • Phase detection AF dan motion predictive AF untuk shooting bersinambungan hingga 8 frame per detik*8.
  • Kompatibilitas pertama di dunia dengan kartu memori Ultra High Speed UHS-IISD.
Struktur tahan cuaca
  • Badan kamera anti debu dan anti air dengan sekitar 80 poin pelindung cuaca. Tahan beku hingga -10°C.
  • Vertical battery grip VG-XT1 dan tiga lensa zum baru menawarkan ketahanan cuaca yang sama untuk mengamankan keseluruhan sistem.
Resolusi tinggi, kebisingan rendah serta reproduksi warna yang unik
  • Sensor X-Transâ„¢ CMOS II (*4) ukuran APS-C 16.3 megapiksel dengan larik original color untuk mengontrol moiré dan false color tanpa path filter optis rendah.
  • Resolusi dan rendahnya kebisingan setara dengan resolusi dan kebisingan dari model-model dengan sensor ‘full-frame’.
  • Teknologi desain proprietary image mampu mereproduksi warna seindah warna asli.
  • Desain circuit board yang sudah dirancang ulang memungkinkan pengaturan ISO 51200 yang tinggi(*10).
  • Teknologi Lens Modulation Optimizer memaksimalkan kinerja tiap lensa.
Kualitas flagship build dan operasi intuitif
  • Body die-cast magnesium menghasilkan desain yang kokoh dan awet, namun padat dan ringan.
  • Kenop aluminuian dek ganda yang detil sekali untuk kecepatan rana, pengaturan ISO, kompensasi pencahyaan, pengukuran dan drive mode, dengan pengaturan notched.
  • Body dan grip didesain untuk keseimbangan yang benar saat melekatkan lensa telephoto dan lensa berdiameter besar.
  • Kenop perintah kembar dan enam tombol fungsi untuk mengatur dan pengalihsuaian kilat.
  • Monitor kaca keras LCD berpresisi tinggi 1.04 juta dot tilting.
[Photo]
[Photo]
Aksesoris untuk pemotretan terbaik
  • Vertical battery grip (VG-XT1) berintegrasi sempurna dengan body baik dalam posisi vertikal maupun posisi normal, namun tetap mampu menawarkan ketahanan cuaca. Grip ini mencakup tombol shutter release, command dial kembar, tombol AE-L dan AF-L, tombol Focus-assist serta Key Lock Lever dengan orientasi yang sama sebagaimana orientasi body.
  • EF-X8 flash (Panduan Nomor 11) (*11) disertakan dengan kamera dan memiliki body padat yang dirancang agar sesuai dengan kinerja Super intelligent flash dari X-T1plus Fujifilm.
  • Assist grip (MHG-XT) membantu extended shooting. Baterai dan kartu Anda bisa dicabut dengan posisi grip tetap di tempatnya saat menggunakan tripod. Ini juga berfungsi sebagai pelat lepas cepat (quick-release) pada tripod.
Peningkatan fungsi nirkabel (wireless)
  • Aplikasi gratis “FUJIFILM Camera Remote” dan fungsi “Wireless Communication” membuat pengguna bisa membidik gambar jarak jauh dari smartphone dan tablet.
  • Fungsi wireless via “FUJIFILM Camera Remote” meliputi Touch AF, pelepas rana untuk gambar diam dan film, kecepatan rana, apertura, kompensasi pencahayaan, sensitivitas ISO, mode Simulasi Film, Imbangan Putih, Makro, penghitung waktu dan flash.
  • Transfer cepat dan penanda lokasi gambar via smartphone dan tablet Anda (*12).
  • Transfer Wi-Fi® (*13) juga memungkinkan mencadangkandata pada kamera ke komputer (*14) tanpa menggunakan kabel.
Penghitung interval pemotretan
  • Penghitung interval pemotretan untuk fotografi Time Lapse tersedia dengan interval 1 detik sampai 24 jam dan hingga 999 bingkai.
    • *1 Rasio pembesaran VF tertinggi di antara kamera digital. Riset Fujifilm sejak Januari 2014. Kurang lebih pembesaran 0.77x dengan lensa 50mm (setara format 35mm) yang disetel ke infinity dan -1.0DP.
    • *2 Riset Fujifilm sejak Januari 2014.
    • *3Dibandingkan dengan FUJIFILM X-E2
    • *4 “X-Trans” dan “Digital Sprit Image” adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari FUJIFILM Corporation.
    • *5 Kecepatan AF tercepat di antara kamera digital yang dilengkapi dengan sensor APS-C atau sensor yang lebih besar. Pengukuran yang dilakukan oleh riset Fujifilm berdasarkan panduan CIPA menggunakan X-T1 dilengkapi dengan lensa XF14mmF2.8 R pada mode High Performance sejak Januari 2014.
    • *6 Dilengkapi dengan XF27mmF2.8 pada mode High Performance
    • *7 Mode MF
    • *8Pemotretan Mode AF-C
    • *9 Pemotretan Mode RAW
    • *10Sensitivitas expended output
    • *11Pada ISO 200. Pada ISO100, panduan nomor 8 berdasarkan panduan CIPA.
    • *12 Transfer gambar berganda maksimal adalah 30 foto atau 2GB.
    • *13Wi-Fi® adalah merek dagang terdaftar dari Wi-Fi Alliance
    • *14 Fungsi ini memerlukan instalasi perangkat lunak aplikasi gratis FUJIFILM PC AutoSave pada komputer pribadi Anda.

Daftar aksesoris FUJIFILM X-T1:

  • Sarung kulit BLC-XT1Â New
  • Vertical battery grip VG-XT1Â New
  • Hand Grip MHG-XTÂ New
  • Kompatibel dengan semua lensa Fujinon X Mount
  • •M Mount Adapter untuk kompatibilitas lensa tambahan
  • Empat pilihan model dedicated flash sesuai kebutuhannya (EF-X8New, EF-X20, EF-20, EF-42)
  • Pelindung filter (PRF-39, PRF-52, PRF-58, PRF-62 and PRF-72 (For XF10-24mmF4 R OIS)New)
  • Pelepas jarak jauh RR-90
  • Mikrophon Stereo MIC-ST1
  • DC coupler CP-W126Â New
  • AC adapter AC-9V Â New
Peta Jalan Lensa mulai 28 Januari 2014
[Image] Advanced Filter